Setelah satu tahun FUN banyak mereview anime tiap season-nya, kali ini
FUN akan menyusun daftar peringkat anime terbaik di tahun 2011 ini.
Semoga hasilnya merupakan favorit di kalangan para penggemar anime
sekalian. Penilaian ini mungkin sangat subyektif, jadi mohon maaf bila
ada yang kurang berkenan.
Nah, kemarin sudah FUN tampilkan daftar peringkat ke-10 hingga ke-6,
sekarang FUN akan tampilkan 5 besar termasuk jawara anime terbaik tahun
2011 ini. So, ini dia :
#05 Guilty Crown
Produksi : Production I.G, Aniplex, FUNimation Entertainment
Tanggal Rilis : 14 Oktober 2011
Episode : 22
Genre : Action, Sci-Fi, Super Power
Di peringkat lima besar yang pertama, adalah sebuah anime yang diangkat dari manga karya Hiroyuki Yoshino berjudul Guilty Crown.
Mengambil setting di Tokyo pada tahun 2039. Setelah wabah virus tak
dikenal yang bernama "Lost Christmas" 10 tahun yang lalu, Jepang telah
berada di bawah kendali sebuah organisasi multinasional yang disebut
GHQ. Sang tokoh utama, Ouma Shu adalah seorang anak 17 tahun yang tanpa
sengaja memiliki kekuatan psikis di tangan kanannya. Shu mampu
menggunakan kekuatan yang disebut "Tanda Raja" untuk mengekstrak alat
atau senjata dari tubuh teman-temannya.
Kemampuan tersebut didapat Shu ketika ia bertemu dengan seorang penyanyi
terkenal yang sangat digemarinya, Yuzuriha Inori. Saat itu, Inori dalam
kondisi terluka dan sedang dalam masa persembunyian. Inori yang
ternyata salah seorang anggota kelompok gerilyawan perlawanan terhadap
GHQ yang disebut "Undertaker" tersebut yang kemudian mengubah kehidupan
Shu.
Anime yang mempunyai alur cerita lambat diawal-awal cerita ini
setidaknya mampu membuat penonton penasaran di akhir episode pertamanya.
Tema cerita yang diambil yakni mengenai pertempuran dua kubu besar,
pertarungan mecha, dan tokoh utama yang mempunyai kekuatan khusus,
mungkin akan mengingatkan kita dengan anime Code Geass. Atau
jangan-jangan mendompleng resep jitu Code Geass? Namun tetap saja,
dengan grafis animasi yang mantap dan lagu-lagunya yang keren, anime ini
tetap sayang untuk dilewatkan. Meski banyak kekurangan, namun jalan
ceritanya yang masih bisa berkembang, menjadikan anime ini tetap masuk
dalam peringkat lima besar di daftar FUN.
#04 Chihayafuru
Produksi : Madhouse Studios
Tanggal Rilis : 5 Oktober 2011
Episode : 25
Genre : Drama, Game, Sport
Di posisi keempat kali ini dihuni oleh anime yang diangkat dari manga
laris karya Suetsugu Yuki sensei. Yap, apalagi jika bukan Chihayafuru.
Chihayafuru sendiri bercerita tentang Chihaya Ayase, seorang anak SD
yang tomboy dan mempunyai kebiasaan buruk selalu mengatakan apa yang
pertama kali terlintas dalam otaknya. Mimpinya adalah untuk melihat
kakaknya yang seorang model untuk menjadi nomor satu di Jepang atau
mungkin dunia. Tapi pertemuannya dengan seorang anak bernama Arata
mengubah hidup Chihaya, Arata menjelaskan bahwa mimpi haruslah berkaitan
dengan dirinya sendiri. Mimpi melihat kakaknya menjadi model terbaik di
Jepang bukanlah sebuah mimpi. Dari Arata, Chihaya pun menemukan
keasyikan bermain Karuta, dimana Arata paling ahli memainkan permainan
tersebut.
Waktu berlalu, Chihaya pun sudah berkebang menjadi seorang gadis belia
yang cantik. Meski demikian, minatnya pada Karuta tidak berubah. Dan
dari sinilah cerita Chihayafuru menjadi semakin menarik, bagaimana
perjuangan Chihaya dkk mendirikan klub Karuta dan untuk menjadi yang
terbaik di Jepang, bahkan dunia.
Kelebihan dari anime ini ada pada gambar animasinya yang mengalir lembut
dan bagus untuk ukuran rata-rata. Tema cerita yang unik mengenai karuta
juga menjadi poin lebih serial ini, dengan menonton anime ini kita
diajak untuk mengetahui lebih dalam mengenai permainan khas Jepang itu.
Jalan ceritanya sendiri mengingatkan kita pada anime Anohana, tentang
perbedaan masa dewasa dan kanak-kanak yang kadang menyentuh, namun tetap
menarik untuk diikuti.
#03 Persona 4 the Animation
Produksi : Aniplex, AIC A.S.T.A., Sentai FilmworksL
Tanggal Rilis : 7 Oktober 2011
Episode : -
Genre : Adventure, Mystery, School, Sci-Fi, Supernatural
Para penggemar game pasti tidak asing dengan judul yang satu ini, Persona 4 the Animation berhasil menduduki peringkat ketiga.
Bercerita tentang serentetan pembunuhan misterius yang terjadi di kota
bernama Inaba, setiap kali ada kabut setelah hujan lebat. Sedangkan
satu-satunya petunjuk adalah sebuah saluran televisi bernama Mayonaka TV
yang hanya eksis di tengah malam
Yuu Narukami yang baru saja pindah ke Inaba pun dihadapkan pada kasus
tersebut. Kasus yang pada akhirnya menyeret dia dan kedua orang temannya
memasuki dunia di dalam televisi. Dimana Yuu mampu mengaktifkan
kekuatan Persona untuk mengalahkan tiap monster yang menyerang di
dimensi yang lain namun berdampak di dunia nyata tersebut.
Anime ini langsung menarik perhatian karena nama besar Persona yang
sudah malang melintang di dunia game. Mungkin bagi sebagian yang pernah
memainkan gamenya akan sedikit bosan dengan jalan cerita yang sangat
mirip dengan versi gamenya. Namun terlepas dari bayang-bayang gamenya,
grafik animasi yang ditampilkan dalam anime ini benar-benar bagus, meski
kadang di beberapa episode kualitasnya agak berkurang. Penceritaan yang
mengalir juga membuat anime ini menjadi enak dinikmati, serta semakin
membuat penasaran akan misteri yang perlahan terkuak di tiap episodenya.
So, tidak heran jika Persona 4 ini berhasil duduk di peringkat ketiga sebagai anime terbaik tahun 2011.
#02 Mahou Shoujo Madoka Magica
Produksi : Aniplex, Shaft, Nitroplus
Tanggal Rilis : 7 Januari 2011 - 22 April 2011
Episode : 12
Genre : Magic, Psychological, Thriller
Di posisi Runner Up, ada anime Mahou Shoujo yang kontroversial karena
ceritanya yang kelam dan cenderung sadis, Mahou Shoujo Madoka Magica.
Bercerita tentang Kaname Madoka, seorang gadis SMP yang bersekolah di
Mitakihara City Middle School. Kehidupannya yang biasa-biasa saja
berubah semenjak ia bermimpi mengenai seorang perempuan berambut panjang
yang bertarung melawan makhluk-makhluk mengerikan. Ternyata gadis dalam
mimpi itu adalah Akemi Homura, siswi transfer yang pindah ke sekolah
dan kelas Madoka.
Pertemuan Madoka dengan seorang gadis bernama Mami Tomoe, menjelaskan
bahwa baik Mami dan Homura merupakan seorang Mahou Shoujo. Seorang
prajurit yang berjuang melawan monster-monster yang disebut Witch
sebagai konsekuensi atas kontraknya dengan makhluk bernama Kyubey.
Kontrak yang mengerikan, namun dapat mengabulkan sebuah permintaan,
apapun itu.
Cerita yang gelap dan alur yang sulit ditebak menjadi salah satu daya
tarik dari anime ini. Bagaimana sebuah cerita Mahou Shoujo yang umumnya
ceria, diubah sedemikian rupa dalam serial ini menjadi kelam dan
cenderung banyak menampilkan adegan sadis. Tekhnik animasi yang
digunakan dalam anime ini juga menarik untuk disimak, dimana tampak
studio pembuatnya banyak bereksperimen dalam menampilkan suasana-suasana
kelam dengan animasi-animasi bertema surealis. Tak heran jika anime ini
menjadi wajib ditonton, karena keistimewaan yang dimilikinya. Hal itu
pula lah yang menjadikannya berada di posisi Runner Up ini.
#01 Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai
Produksi : Aniplex, A-1 Pictures
Tanggal Rilis : 15 April 2011 - 24 Juni 2011
Episode : 11
Genre : Drama, Slice of Life
Sejak pertama kali menontonnya di musim semi kemarin, FUN sudah tertarik
akan anime dengan nama sangat panjang ini, Ano Hi Mita Hana no Namae o
Bokutachi wa Mada Shiranai atau biasa disingkat dengan Ano Hana.
Meskipun bergenre drama, tapi anime ini juga cukup bisa membuat
tersenyum, walaupun lebih sering membuat penontonnya menahan air mata.
Bercerita tentang seorang pemuda bernama Jintan yang selalu diikuti oleh
seorang gadis bernama Menmei. Menma sendiri merupakan sosok yang hanya
bisa dilihat oleh Jintan, sedangkan orang lain tidak bisa
melihatnya. Ternyata Menma merupakan seseorang dari masa lalu Jintan.
Dimana pada masa kecilnya, Jintan merupakan anggota Super Peace Busters,
geng anak-anak yang bersahabat sangat dekat, beranggotakan Anjou,
Yukiatsu, Tsuruko, Poppo, Menma dan Jintan sendiri. Ketika masih kecil
itulah, sebuah peristiwa terjadi dimana Menma meninggal dunia. Hal itu
membuat terkejut Jintan, dimana situasi pada saat itu Ia melukai hati
Menma dan belum sempat meminta maaf.
Waktu pun bergulir, anggota kelompok yang tersisa yakni Anjou, Yukiatsu,
Tsuruko, Poppo dan Jintan semakin dewasa dan mulai berubah. Mereka yang
dulunya sangat akrab menjadi mulai renggang dan jarang berkomunikasi.
Bahkan kesibukan masing-masing membuat mereka merasa asing satu sama
lain, meskipun tempat tinggalnya berdekatan. Pada saat itulah dalam
kehidupan Jintan, Menmei bangkit kembali untuk meminta Jintan
mengabulkan permohonan yang dulu pernah diungkapkannya sewaktu masih
kecil. Permohonan yang membuat sahabat-sahabatnya yang kini telah
berjauhan itu bisa dekat kembali seperti dulu.
Menurut FUN, kelebihan dari anime ini ada pada tema dan jalan ceritanya
yang begitu mengalir dan indah. Tema persahabatan masa kecil yang
merenggang, seakan mengingatkan kita pada sahabat-sahabat kita sewaktu
kecil yang sekarang mungkin jarang kita temui. Dengan animasi yang cukup
bagus dan musik yang sangat mendukung terutama opening dan endingnya,
menjadikan anime ini begitu menyentuh dan indah. Sehingga sayang jika
dilewatkan begitu saja.
Sehingga tidak diragukan lagi menurut FUN anime yang menguras air mata ini adalah yang terbaik di tahun 2011.
Bagaimana dengan kalian?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar